Ramuan Jamu Gendong Berbahan Kunyit Untuk Kebugaran Anda

0 20

Ramuan Jamu Gendong Berbahan Kunyit | Diantara minuman kesehatan yang sudah digemari masyarakat luas sejak lama adalah jamu gendong. Jamu gendong biasanya dijajakan oleh seorang perempuan yang akrab kita sebut mbok jamu, dengan menggendong botol jamu dalam tenggok (bakul ukuran sedang/kecil) di punggung. Saat ini jamu gendong banyak dijajakan dengan motor atau sepeda.

Salah satu bahan baku utama jamu gendong adalah kunyit (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.). Diantara manfaat empiris dari kunyit pada buku Cabe Puyang Warisan Nenek Moyang Jilid 1 hal 131 adalah untuk radang umbai usus buntu, radang rahim, radang amandel, mati haid, kelemumur, weil, asma, borok, gatal, radang gusi, korang, bengkak-bengkak, encok, radang hidung, perut nyeri, sembelit, trachoma/mata, eksema, kurang darah, tekanan darah tingg, demam-nifas, menceret, gabag, cacar-sapi, kepala-pusing, demam kuning, keputihan, kudis, disentri (rimpangnya) dan lain-lain dimasukkan dalam ramuan .

Pada tulisan kali ini kami haturkan beberapa resep jamu gendong yang bahan bakunya adalah kunyit. Harapan kami resepnya dapat dibuat bersama keluarga untuk dijadikan hidangan saat santai, atau untuk suguhan tamu serta acara-acara di lingkungan kita.

1. Ramuan jamu CABE PUYANG

Manfaat empiris :

Pegal, melancarkan peredaran darah

ramuan jamu rabe jawa

Komposisi :

  • 15 buah Cabe Jawa,
  • 1 kg Lempuyang segar,
  • 1/4 kg Kunyit segar,
  • 3 Liter Air
  • garam

Cara Pembuatan :

  1. Cuci bersih kunyit dan lempuyang,
  2. haluskan keduanya, peras,
  3. tambahkan air, cabe Jawa dan garam,
  4. rebus sampai mendidih,
  5. saring dan dinginkan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

7 + seventeen =